" A different world can not be created by indifferent people, be different in the best way of possible and together we can make a difference! "

Saturday, October 06, 2007

Youth Camp 2008, Call for Application

Youth Camp 2008 Call for Application

Youth Camp, apaan tuh..??

Sebuah program pendidikan alternatif dalam bentuk pelatihan penelitian lapangan. Program ini terdiri atas tiga tahap, yaitu orientasi program (berupa teknik-teknik penelitian, pengenalan fasilitator dan isu-isu penelitian), penelitian lapangan, dan homestay (tinggal di rumah penduduk) serta penulisan dan presentasi laporan

Kapan..??

Youth Camp akan dilaksanakan pada tanggal 5-16 Januari 2008, bertempat di Kelurahan Ekatiro, Kabupaten Bulukumba.

Tujuannya apa sih...??

- melatih kemampuan dasar penelitain lapangan

- mengembangkan kualitas kepribadian dan kepercayaan diri

- menumbuhkembangkan kesadaran kritis dan empati serta persahabatan sesama peserta dan masyarakat luas

- memperkenalkan konsep-konsep pembelajaran seperti ‘pembelajaran mandiri’ dan ‘belajar dari masyarakat’, yang intinya adalah demokratisasi dalam pendidikan

Siapa saja yang boleh ikutan...??

Siswa-siswi SMU/sederajat di Sulawesi Selatan yang lulus seleksi (berkas dan wawancara) dengan kriteria masih duduk dikelas 1 & 2, cukup aktif dalam kegiatan intra dan ekstra sekolah, serta memiliki motivasi yang kuat untuk belajar dan melakukan perubahan.


Berapa biayanya...??
Panitia akan menanggung biaya konsumsi, akomodasi dan transportasi selama program Youth Camp berlangsung alias GRATIS

Siapa Fasilitatornya..??
Tim Fasilitator berasal dari Lembaga Rumah KaMu yang merupakan alumni FASID Fieldwork Program, yakni pelatihan penelitian lapangan untuk profesional muda dari Jepang dan negara ASEAN (www.fasid.or.jp)


Pendaftarannya gimana..??
Waktu pendaftaran mulai tanggal 26 September – 10 November 2007
Siswa yang lulus seleksi berkas akan diundang mengikuti tes wawancara
Formulir pendaftaran dapat diperoleh di :

- Kafe Baca BIBLIOHOLIC
Jl. Perintis Kemerdekaan km 9 no 76
Tamalanrea (depan kantor Mercedes Benz)
Makassar

Contact Person : Indah (0411 5220904)
Anna (08164383583)

Email : rumah_kamu@yahoo.com
Blog : www.rumahkamu.blogspot.com

Bebaris kata alumni Youth Camp

“ Youth Camp membuat saya sadar begitu banyak hal yang terjadi di sekitar yang saya ketahui hanya kulit luarnya. “ (Suci Triyanti M, Youth Camp 2003)

“ Youth Camp sebenarnya bukan (hanya) format pendidikan alternatif di Indonesia. Seharusnya, justru menjadi konsep dasar sistem pendidikan nasional. Selama ini pendidikan kita kebanyakan teori . “ (Fandi A. Syarif, Youth Camp 2004)

“ ...setiap materi diawali dengan permainan. Kami dilatih menganalisa/mencari apa maksud dibalik sebuah materi. “ (Nurlina Salehe, Youth Camp 2004)


Yang Bikin Siapa sih...??
Rumah KaMu (Rumah Kaum Muda) adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang pemberdayaan kaum muda. Berdiri tahun 2003.

Visi Rumah KaMu adalah menjadi lembaga terpercaya dalam memfasilitasi kaum muda agar tumbuh dengan pikiran kritis, menghargai keanekaragaman, dan tergerak untuk memberikan sumbangsih nyata demi lingkungan sekitar, dan dunia yang lebih baik.

Rumah KaMu berbenah menjadi sebuah pusat pelatihan, penelitian dan dokumentasi isu-isu pengembangan generasi muda dalam segala aspek.

“...let’s join, and together we can make a change..!!”